berdoa
Artikel

Waktu Berdoa Paling Mustajab

Posted On September 27, 2017 at 4:38 am by / No Comments

Doa merupakan salah satu senjatanya kaum muslim,tidak ada yang meragukan hal itu. Allah Swt telah memerintahkan dan Rasulullah Saw telah memberikan contohnya. Doa yang dipanjatkan dengan tulus ikhlas dan penuh keyakinan serta sesuai tuntunan bisa diibarat seperti tetesan air yang terus menerus mengenai batu yang keras hingga membuat batu itu berlubang.

Namun acap kali orang keburu merasa kecewa karena doanya seperti tidak terkabul. Pastinya kita tidak boleh kecewa atau berputus asa.  Belum terkabul saat ini boleh jadi lusa atau beberapa masa lagi atau belum terkabul di dunia bisa jadi Allah kabul di akherat. Ada banyak faktor belum terijabahnya doa, namun demikian kiranya kita juga perlu tahu waktu-waktu yang mustajab agar doa-doa kita lekas terkabul. Kapankah saja itu? Berikut uraiannya.

1.Saat adzan berkumandang

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR. Abu Daud dan Ibnu Hajar Al Asqalani)

2.Saat di antara adzan dan iqamah

“Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi)

3.Saat sedang sujud dalam salat

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim)

4.Saat sebelum salam pada salat wajib

“Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda: “Di akhir malam dan di akhir shalat wajib” (HR. Tirmidzi)

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam Zaadul Ma’ad menjelaskan bahwa yang dimaksud ‘akhir shalat wajib’ adalah sebelum salam.

5.Saat berbuka puasa

“Orang yang berpuasa memiliki 2 kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak” (HR. Muslim)

Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

6.Saat malam lailatul qadar

“Malam Lailatul Qadr lebih baik dari 1000 bulan” (Q.S. Al Qadr: 3)
“Aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda: Berdoalah, ‘Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah)

7.Saat hari Jumat

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari jum’at lalu beliau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Di hari jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim)

8.Ketika sahur atau sepertiga malam terakhir

“Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan” (Q.S. Adz Dzariyat: 18)
“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni ” (HR. Bukhari Muslim)

9.Saat hujan turun

“Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim dan dishahihkan Al Albani)

10.Hari Arafah

“Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah” (HR. At Tirmidzi)

Hari Arafah adalah hari ketika para jama’ah haji melakukan wukuf di Arafah, yaitu tanggal 9 Dzulhijjah.

11.Saat minum air zam-zam

“Khasiat Air Zam-zam itu sesuai niat peminumnya.” (HR. Ibnu Majah)

12.Saat perang berkecamuk

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR.Abu Daud dan Ibnu Hajar)

Meski begitu sebenarnya berdoa bisa kapan dan dimana saja sepanjang tidak ada larangannya. Nah,dari 12 waktu yang disediakan Allah ini dimana Anda bisa merasa lebih khusyuk ? Anda sendiri yang tahu. Selamat berdoa dan semoga Allah segera mengabulkan doa Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *